Resep Otak Otak Ayam Enak dan Mudah

Assalamualaikum teman teman, ketemu lagi nih dipostingan resep terbaruku. Jadi beberapa hari lalu, aku menginap di rumah Cibinong. Yang Kita ketahui bersama belum ada lemari esnya. So aku harus belanja sayuran setiap hari xixixi.

Ada enak dan ga enaknya sih belum punya lemari es. Kapan kapan aku cerita deh ya.  Yang pasti kemarin itu sempat kebingungan juga. Apalagi tukang sayur di komplekku itu ternyata nggak berjualan setiap hari jumat.

Jadilah aku yang belom punya kulkas di rumah Cibinong kelimpungan. Di rumah cuma ada stock indomie, telor dan sarden. Heheeh aku sih lebih suka masakan harian gitu, homemade. Daripada kalengan.

Akhirnya aku keluar dunk cari tukang sayur di tempat lain. Dan subhanallah, pada tutup juga gaes. Wkwkwkw ya ampon kok janjian sih. Antara mau pulang trus makan nasi pake sarden or telor ceplok, tapi versus penasaran masa ga ada tukang sayur yang buka. Akhirnya aku tanya ke tukang gorengan yang mangkal di dekat tukang sayur yang tutup.

” Mbak di depan sekali dekat RS itu ada tukang sayur lengkap” Ujar bapak tukang gorengan yang gorengannya enak banget.  Beliau memberikan arahan jalan yang menurutku pasti bakalan jauh nih. Tapi karena pengen makan sayuran akhirnya aku bulatkan tekad berjalan kaki kurang lebih 2Km PP. Jauh juga ternyata hehehe

Alhamdulillah ternyata emang lengkap dan besar banget tokonya. Sayangnya aku nggak bawa hape jadi nggak bisa motret. Lain Kali kalau kesini aku foto deh.

Sebenarnya aku mencari udang, tapi ternyata nggak dapat karena sudah kehabisan. Jadilah aku membeli dada ayam sepotong, sayur kangkung, sepotong oncom dan sebungkus rawit merah.

Otak otak ayam enak dan mudah

Semua dihargai 20.500 dengan rincian ayam 14.000, kangkung 2000, oncom 1500 dan rawit merah 3000 rupiah. Termasuk murah lah ya.  Sampe dirumah ayamnya iseng aku pisahkan dari tulang dan sayap. Setelah di timbang ternyata dapat 200 g. Nah dari sini timbul ide bikin otak otak ayam apalagi kulihat masih ada stock wortel sebatang.

Otak otak ayam enak dan mudah

Yuk cus kita bikin resep Otak Otak ayam yang enak dan mudah.

Bahan bahan yang dibutuhkan sangat simple sekali. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Otak Otak Ayam enak

Bahan bahan :

1. Daging ayam 200 gram

2. 1 butir telur

3. 50 ml air

4. 1 batang wortel kecil diparut

5. 2 batang daun bawang Iris tipis

6. Santan bubuk sesuai selera ( aku pakai 1/2 bungkus santan Tropicana)

7. Garam, gula, lada

8. Tepung tapioka kurang lebih 150 g ( aku ga terpakai semua sih)

9. Bawang putih (maaf di gambar ketinggalan)

Cara membuatnya mudah sekali, sudah kubuatkan foto step by step ya nih gaes.

Cara Membuat Otak Otak Ayam Enak dan Mudah.

1. Haluskan daging ayam yang sudah dipotong kecil kecil mengunakan chopper atau food processor.

Otak otak ayam enak dan mudah

2. Masukkan bawang putih yang sudah diiris (ini sih ketinggalan kemarin itu ahahhha)

Otak otak ayam enak dan mudah

3. Haluskan sampai ayam dan bawang menyatu, lalu tambahkan telur, air, Lada, garam, gula dan santan (tapi santannya ketinggalan jg)

Otak otak ayam enak dan mudah

4. Pindahkan ke dalam wadah atau baskom, tambahkan sayuran (nah santan yang ketinggalan kutambahkan di sini)

Otak otak ayam enak dan mudah

5. Tambahkan tepung tapioka dan aduk merata. Disini tambahinnnya dikit dikit dulu sambil cek adonannya sudah pas belum.

Otak otak ayam enak dan mudah

6. Adonan yang sudah diaduk, kalau sudah bisa dibentuk dan tidak terlalu kalis menurutku sudah pas. Pakai bantuan tepung tapioka di telapak tangan supaya adonan gampang dibentuk

Otak otak ayam enak dan mudah

7. Rebus di air mendidih ( jadi airnya dididihkan dahulu dan tambah sedikit minyak) baru adonan yang sudah dibentuk dimasukkan ke dalam air rebusan.

8. Rebus hingga matang dan mengapung, lalu tiriskan.

Otak otak ayam enak dan mudah

Nah jadi deh otak otak ayam enak dan mudah ala happy Fika dot com. Mudah sekali bukan. Makannya bisa dicocol di saus kacang, saus sambel, atau pun cuko pempek.  Kapan kapan aku buat juga resep cocolannya ya di blog ini.

Kalau kemarin ini, otak otaknya cuma aku goreng saja trus kumakan deh panas panas.. masyaallah sedap.

Otak otak ayam enak dan mudah
Nggak digoreng jg enak kok

Baiklah sampai disini dulu ya ceritaku membuat otak otak ayam yang enak dan mudah. Kalau diganti ikan juga bisa kok. Sama enaknya. Baiklah sampai bertemu lagi di postingan blog yang lainnya. Bye bye

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.