Gaya Hidup Halal Untuk Indonesia Kuat dan Sehat

Suatu hari saat melewati toko roti di sebuah mall. Aku disapa dan ditawari roti oleh SPGnya.

Toko roti itu baru, kebetulan belum familiar. Jadi aku sengaja bertanya terlebih dahulu.

” Apakah ini produknya halal? “

SPGnya tampak bingung menjawab.

Dia malah balik bertanya, emang ada mbak roti tidak halal ?

” Ya ada, titik kritis halal pada bakery itu banyak. Rhum untuk cake, ovalet, emulsifier dll, ada banyak kataku.

” Oh iya ya.. saya blm tahu mbak, tapi iya ini cakenya pake rhum” ujarnya.

Akhirnya aku memutuskan untuk tidak membeli. Semoga kedepannya toko roti itu dimudahkan untuk mengajukan status kehalalan.

Rempong ya? Pasti mikirnya gitu. Duh makan makan aja kenapa sih? Ya silahkan saja. Setiap orang pasti punya pertimbangan kan.

Makanya aku apresiasi banget buat brand brand consumer goods yang sudah mau melabeli produk produk mereka dengan logo halal.

Karena Indonesia mayoritas muslim so gaya hidup halal sudah pasti jadi salah satu pertimbangan seorang muslim dalam memilih apa saja makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya.

Maaf ya ini bukan SARA. Ini sudah jadi lifestyle loh. Coba deh Googling sekarang di negara lain yang notabene bukan negara muslim saja, sudah banyak yang membuat dan menawarkan wisata halal, produk produk halal. Karena mereka tahu, halal itu sudah jadi sesuatu yang tidak bisa ditawar untuk seorang muslim.

Dengan pangsa pasar yang besar. Sesungguhnya ini adalah sebuah opportunity. Kesempatan, buat para produsen merebut hati para pelanggan. Dan produk produk yang menampilkan label halal dari MUI sudah selangkah lebih maju dalam merebut cans pangsa pasar muslim di Indonesia.

Gaya hidup halal untuk Indonesia sehat dan kuat

Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat

Beberapa hari yang lalu, webinar dengan tema gaya hidup halal ditayangkan di kanal YouTube CNN. Menghadirkan nara sumber yang kompeten di bidang Halal, juga contoh perusahaan yang mendukung ekosistem halal. Yakni Danone Indonesia.

Dalam webinar tersebut Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center Jetti Rosila Hadi menyebut bahwa perkembangan gaya hidup halal itu semakin berkembang positif.

“Tren gaya hidup halal sangat memperhatikan standar kelayakan, kebersihan, dan efek fungsionalnya bagi manusia,” ujar Jetti

Kabar baiknya nih, Produk halal yang sebelumnya hanya dilihat sebagai gaya hidup muslim kini berkembang menjadi tren perdagangan, tak hanya di Indonesia, tetapi juga secara global.

Informasi yang didapat dari data Global Islamic Economy Report 2020/2021 nilai konsumsi produk halal Indonesia pada tahun 2019 mencapai US$2,02 triliun.

Dari angka tersebut dapat dilihat bagaimana besarnya potensi gaya hidup halal dalam aspek bisnis. Diharapkan Indonesia kedepannya tidak saja jadi pangsa pasar produk halal, namun berpotensi terdepan dalam industri halal.

Pentingnya Sertifikasi Halal sebuah produk

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Muhammad Aqil Irham tak memungkiri bahwa gaya hidup halal telah berimplikasi lebih luas pada aspek perekonomian dan perdagangan sehingga sertifikasi halal menjadi bagian tak terpisahkan.

Aqil menjabarkan, sebagai negara mayoritas muslim, Indonesia memiliki UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dimana semua produk, baik makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik maupun barang kegunaan lainnya yang beredar di Indonesia wajib memiliki sertifikasi halal.

Untuk menjamin ketersediaan produk halal, lanjut Aqil, sesuai amanat UU Jaminan Produk Halal, maka ditetapkan bahan harus dinyatakan halal, baik berasal dari bahan baku hewan, tumbuhan, mikroba, maupun yang dari proses kimiawi, biologi, atau rekayasa genetik.

“Sertifikasi halal ini sangat penting karena merupakan sebuah standar, jadi bukan sekadar formalitas untuk memenuhi kewajiban secara administratif,” ujar Aqil.

Implementasi UU Jaminan Produk Halal jelas mendorong kepedulian terhadap produk halal, tak hanya dari kalangan konsumen, tapi juga para produsen di industri Indonesia.

Cara Danone Mendukung Gaya Hidup Halal di Indonesia

 

Gaya hidup halal untuk Indonesia sehat dan kuat

Sebagai konsumen produk mom and kids. Mengapresiasi yang dilakukan oleh Danone. Menemukan logo halal di produk produk Danone memberikan rasa tenang dan aman saat mengkonsumsinya. Karena halal tidak hanya keyakinan tentang tidak bercampurnya dengan hal yang haram. Tapi juga ada Thoyib ( baik). Proses sertifikasi halal juga melibatkan LPOM yang mengecek proses pembuatan produk dari hulu ke hilir. Sehingga dengan adanya sertifikat halal. Jelas kebersihan dan keamanan sebuah produk.

Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia Prima Sehanputri menyatakan pihaknya menjadikan halal sebagai komitmen dan prioritas dalam setiap produknya. Sebagai perusahaan yang menyediakan produk hidrasi dan nutrisi, begitu, produk-produk yang dipasarkan sudah sesuai sertifikasi halal dan jaminan kualitas sehingga aman untuk menjadi bagian dari gaya hidup halal dan sehat masyarakat.

Ini dia cara Danone Mendukung ekosistem halal di Indonesia

1. Halal adalah Value

Seperti yang disampaikan oleh Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia Prima Sehanputri.

“Halal untuk Danone Indonesia itu merupakan value, juga bagian dari komitmen kami, termasuk dalam menjaga keamanan dan mutu produk,”

2. Danone Mendukung ekosistem halal.

Danone Indonesia juga berperan aktif untuk mengembangkan ekosistem halal, baik dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup halal konsumen, mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan BPJPH, maupun mendorong masyarakat dalam menerapkan gaya hidup halal yang bersih dan sehat.

Hal ini dibuktikan dengan adanya
Produk-produk Danone Indonesia yang telah teruji kehalalan dan keamanannya dan dinyatakan dengan sertifikat halal dari BPJPH.

3. Danone mendapatkan Halal Award

Kehalalan dan keamanan itu diperkuat dengan produk-produk Danone Indonesia yang telah mendapat halal award yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI untuk kategori top brand maupun nutrisi untuk ibu dan anak.

4. Proses Halal Danone dari Hulu ke Hilir

Prima menambahkan, komitmen jaminan produk halal dilakoni Danone Indonesia dimulai dari hulu sampai hilir. Di tahap hulu, Danone Indonesia melakukan pemilihan material untuk memastikan material terjamin kehalalannya. Dilanjutkan dengan pengecekan material mulai nama material, nama produsen, dan asal negara produsen.

Kemudian pada tahap produksi, Danone Indonesia memiliki dan menerapkan SOP untuk memastikan pengolahan produk halal yang bebas dari pork dan kontaminasi haram atau najis. Pun pada tahap pendistribusian dilakukan sesuai dengan standar dan syarat kehalalan.

“Proses pengolahan, pengemasan produk yang dihasilkan, hingga aktivitas pendistribusian produk juga dilakukan dengan memenuhi standar kehalalan. Perusahaan juga telah mencantumkan label halal pada kemasan produk-produk,” ujar Prima.

5. Danone Menunjang Global Halal Lifestyle

Mengingat Danone merupakan perusahaan world wide, sertifikasi halal di produk Danone juga luasnya jalur distribusi merupakan potensi dan kekuatan Danone dalam menunjang global halal lifestyle.

Sebagai konsumen tentu saja menyambut dengan gembira langkah Danone dalam mensupport gaya hidup halal untuk Indonesia sehat dan kuat. Serta berharap hal hal baik dan inspiratif yang dilakukan oleh Danone diikuti juga oleh perusahaan lain. Sehingga consumer produk yang tersebar dan dipasarkan di Indonesia jelas kehalalannya.

Alhamdulillah makan dan minum yang halal insyaallah bikin tenang 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published.