Inspiratif Boiler biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi di jawa tengah

Siapa disini yang kaget pas tahu kalau bahan bakar nggak cuma minyak bumi dan turunannya? Yap kayaknya aku doang ya. Padahal kan sebenarnya minyak bumi juga terbuat dari Fossil tumbuhan dan hewan yang sudah menumpuk berjuta juta tahun yang lalu di dalam perut bumi. Itu sudah bisa jadi petunjuk sih bahwa dari tumbuhan juga dapat menjadi sumber daya listrik.

Aku tahu ini ketika mengikuti kegiatan peresmian Boiler Biomassa milik Danone Indonesia yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan sumber energi di pabrik Sarihusada Prambanan, Jawa tengah. Boiler biomassa industri pertama berbahan bakar sekam padi di Jawa TengahBoiler biomassa sekam padi Danone

FYI Bioenergi, merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dan non-listrik. Di masa depan  sumber energi terbarukan seperti ini diharapkan dapat memainkan peran penting untuk mencapai target bauran energi sekaligus pengurangan emisi.

Sebagai salah bentuk pemanfaatan bioenergi dan wujud komitmen mendukung target capaian bauran energi baru terbarukan (EBT) 23% di 2025 dan mencapai karbon netral pada tahun 20260 atau lebih cepat, untuk itulah Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia membangun dan mengoperasikan boiler biomassa berbahan baku sekam padi di kawasan pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardhika, Prambanan gaes.

Keren kan? Sekam padi yang selama ini kita ketahui merupakan hasil limbah pertanian ternyata dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan. Fyi langkah ini dilakukan untuk mengurangi limbah maupun polusi udara yang sekarang menyumbang dampak perubahan iklim ekstrim.

Menurut Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, “Perubahan iklim merupakan tantangan yang kian mengemukan dan efeknya sangat kita rasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung visi one planet one health. Ini bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat,”

Boiler Biomassa sekam padi Danone

Lebih lanjut, Vera menjelaskan Danone SN Indonesia membangun fasilitas boiler biomassa yang akan menggunakan sekam padi sebanyak 10.500 ton per tahun. Mampu menghasilkan energi hingga 6 ton stem. Hal itu menjadikan boiler biomassa industry berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah.

Danone berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100 persen pada 2030. Mencapai korban netral pada tahun 2025. Kami juga memastikan bahwa selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan baku bersumber dari energi terbarukan,” ucapnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, namun diwakili oleh perwakilan karena beliau ada halangan tugas lainnya.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sumarno, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengapresiasi terobosan yang diambil oleh Danone SN Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sangat mengapresiasi insiatif dari PT Sarihusada Generasi Mahardhika, dimana saat ini Energi Baru Terbarukan menjadi isu yang cukup krusial di Indonesia. Saati ni sekam padi kurang dimaksimalkan penggunaannya, padahal sekam padi memiliki banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya dapat bermanfaat sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. Abu sekamy ang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu upaya yang baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga menimplementasikan konsep Circular Economy. Kami berharap inisiatif ini turut mengembangkan produk pertanian serta menginspirasi badan usaha lainnya di Indonesia.”

Boiler biomassa sekam padi Danone

Yes menurutku langkah yang dilakukan oleh Danone Indonesia ini patut di apresiasi karena sesuai dengan jargon mereka one planet one health. Selain membuat produk produk untuk memenuhi nutrisi anak dan keluarga. Danone juga mengupayakan dari hulu ke hilir proses pembuatan produk, distribusi dll bermanfaat untuk lingkungan sekitar.

Seingatku mulai pembangunan Boiler Biomassa Danone di Pabrik Sarihusada Prambanan sudah dimulai pertengahan tahun lalu di lahan seluas 3000 meter persegi dan ditargetkan dapat mensuplai kebutuhan steam dari kegiatan produksi hingga 40.000 ribu ton per tahun. Bahan bakarnya adalah 13.000 ton sekam padi/tahun yang didapat dari sekitar lahan pertanian sekitar pabrik.

Hal yang dilakukan oleh Danone ini menjadi inspirasi, bahkan pemerintah Indonesia diwakili oleh Direktur Bioenergi, Edi Wibowo, yang hadir dalam acara peresmian kemarin, mewakili Direktur Jenderal EBTKE, mengatakan pemanfaatan terbesar bioenergi khususnya biomassa saat ini adalah sebagai pembangkit listrik biomassa yang mencapai 2.116 MW, sehingga peluang pengembangan bioenergi masih sangat terbuka, terlebih didukung isu lingkungan, perubahan Iklim, kesadaran masyarakat untuk mewujudkan transisi energi menuju energi bersih dan peningkatan konsumsi listrik per kapita.

Kami sangat mengapresiasi upaya Danone Indonesia selaku pelaku usaha yang bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mendukung upaya transisi energi melalui penyediaan energi yang berbasis energi terbarukan dengan menggunakan biomasa sekam padi. ”, ungkap Edi. Ia berharap langkah nyata yang dilakukan oleh Danone Indonesia ini dapat menjadi contoh bagi badan usaha lain utk secara masif mewujudkan efisiensi energi dan energi hijau yang lebih baik bagi lingkungan dan kesehatan. Aamiin allahumma aaamiin.

Oh iya Boiler Biomassa dari sekam padi di Pabrik Sarihusada Prambanan Jateng ini merupakan kerjasama Danone SN dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS), penyedia layanan energi terbarukan di Asia.

Nah fasilitas Boiler Biomassa ini akan menggunakan sekam padi sebanyak 10.500 ton/tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 ton steam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi yang pertama di Jawa Tengah.

Adapun fasilitas ini juga telah didukung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap, yang menjadikan pengoperasiannya sangat ramah lingkungan. Kamu bisa baca mengenai ini disini. PLTS Atap Danone

Selain berdampak ke lingkungan, pembangunan boiler ini juga diharapkan dapat menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui sumber bahan bakar yang diambil secara lokal, dan memberikan abu sekam yang dihasilkan dari proses ini, kembali kepada petani yang berguna sebagai pupuk organik. Abu sekam yang dihasilkan  dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam ini bagi kelompok tani dan mendampingi aplikasinya bersama pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha.  Keren ya. Dari limbah diolah menjadi energi, kemudian hasilnya malah dapat bermanfaat kembali.

 

#danoneindonesia

#boilerbiomassa

 

 

 

3 Comments

  1. Wah keren banget Danone Perusahaan yang sangat memperhatikan lingkungan sekitar, dengan Boiler Biomassa Bumi akan semakin baik dan dapat mengurangi perubahah iklim yang terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.