Ladies, ini 8 bagian yang wajib diketahui saat service motor

Suatu hari motorku mogok di jalan. Kebetulan itu sedang di kota lain. Ya dulu aku sering bepergian antar kota dalam provinsi dengan menggunakan motor. Biasanya sih permasalahanku seputar busi, atau ban pecah. Namun kali ini sepertinya lebih serius lagi. Karena mesinnya sampai berasap.

Dengan susah payah aku mendorong motorku ke sebuah bengkel yang akhirnya kutemukan.

Setelah beberapa jam menunggu akhirnya motorku kembali menyala dan aku pun melanjutkan perjalanan lagi.

Nah yang jadi masalah adalah setelah itu, sesampainya di kotaku motor itu kembali ngadat. Akhirnya aku bawa ke bengkel service motor langgananku. Sungguh bak di sambar petir. Montir menceritakan bahwa mesinku tidak lagi original. Sudah diganti dengan mesin lama dan bukan yang resmi pula.

Sungguh aku sedih, tidak menyangka. Tapi hingga kini aku tidak tahu siapa yang telah menggantinya. Apakah di bengkel yang waktu itu atau sodara laki lakiku yang pernah pakai motor ini saat aku dinas keluar.

Padahal aku sangat rajin buat ke Service motor yang merupakan pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek, antara lain memeriksa saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya. Untuk lebih jelas apa saja yang harus di-service pada motor.

 

Ladies juga wajib tahu perawatan kendaraan

Ladies, ini 8 Bagian yang harus diketahui saat Service Motor

Sejak saat itu ketika aku akhirnya memutuskan memiliki motor baru lagi. Aku tidak sembarangan meminjamkan motor maupun sembarangan memilih bengkel. Nah aku juga merasa butuh untuk mengetahui apa saja yang harus kuketahui apa saja yang perlu diservice dari sebuah motor.

Menurutku kalian harus membaca tulisanku hingga selesai.

1. Oli Mesin

Fyi Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya. Nah ganti oli adalah sesuatu yang paling utama dan wajib kita lakukan tiap bulan atau setelah menempuh jarak tertentu.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa.  Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya sangat wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

 

2. Oli Gardan

Nah bagi pengguna motor matic wajib juga untuk rutin ganti oli gardan. Sering juga disebut sebagai oli motor matic Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). FYI nih penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Kebetulan motorku bebek jadi ya cukup oli biasa saja.

3. Busi

Kalau ini aku tahu banget. Karena dulu pas Maba nama ospek ku ya busi. Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Biasanya ketika motor mogok, aku langsung mengececk busi jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan.

4. Kampas Rem

Ini juga sangat penting dicek secara rutin. Karena keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Ini komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

5. Filter Udara

Ini juga salah satu yang sering aku check. Dulu aku punya teman yang mengajari ku cek fungsi filter udara. Karena fungsinya juga penting untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Kalau ini termasuk yang jarang aku check. Memang harus ke bengkel kalau mau check aku. Penting sekali mengetahui tegangan aki harus sesuai ketentuan, karena itu aku harus di check apakah ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kita tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7.Ban Motor

Duh ini pun sangat penting. Aku pernah hampir terjatuh dari motor saat hujan karena ban yang gundul. Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan seharusnya, kamu memeriksa kondisi ban terlebih dahulu sebelum menggunakan motor. Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Wah ini wajib dan harus ya ladies. Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Adakalanya kita bisa sekalian meminta tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Namun tenang saja ladies, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepadamu. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan. Iya dunk karena ini terkait berapa biaya yang nantinya kita keluarkan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Ladies, nggak mau kan kejadian yang kualami karena sembarang pilih bengkel jadi malah dapat kerugian. Nah untuk mendapatkan servis yang bagus, ya kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga Ladies.

Salah satu bengkel yang bisa aku rekomendasikan dan bisa jadi andalan adalah Planet Ban.

Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Seperti jargon mereka.

Penasaran ngga sih, apa itu servis mesin rasa baru?

Jadi Ladies servis motor rasa baru dari Planet Ban juga dikenal dengan sistem servis terpadu.

Tujuan ladies melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Karena service motor rasa baru akan Fokus pada pemeriksaan dan perbaikan yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin, gitu ladies.

Ini Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban.

Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Karena oli yang tepat otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak). Apalagi kalau dipadukan dengan penggunaan sparepart asli. Motor kita benar berasa motor baru. Karena pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

Efeknya ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu jadi lebih hemat dari segi , biaya servis dan waktu.

Ladies bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang. Wah go green dunk ya.

Menurutku ini bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain.

Jika ladies servis di tempat lain, nggak bersih 100 persen. biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Hal itu nggak akan terjadi jika ladies melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya pasti bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Fungsi oli gardan..

Ya, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho.

Ternyata dari tune up yang menyeluruh tadi berimbas ke tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Harga service motor di Planet Ban seharga semangkuk bakso. Fyi nih yang selengkap ini, terjangkau banget loh. .harga service motor injeksi cuma Rp20.000,- Menurutku ini bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Nah, sekarang ladies sudah tahu manfaat rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu diservis. Sekarang, coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kamu service motor?

9 Comments

  1. Terima kasih ya kak sudah berbagi memang benar oli adalah bagian penting untuk kesehatan motor belum lagi 8 bagian lain yang mesti dijaga sebaik mungkin ya.

  2. Aku jadi inget dulu temen guru cewek yang pakai motor asal aja, dipakai terus ga pernah diservis. Suatu ketika pas mogok ya banyak part yang rusak, sampe rantainya putus. Coba kalau servis motornya rajin di Planet Ban, penghematan bisa dilakukan. Ga tekor karena part dipantau terus.

  3. Selama ini aku cuma tau pake doang kalau soal motor, sekarang jadi tercerahkan tentang apa aja yang wajib aku tau nih saat service. Aku abis ini mau juga servis ke Planet Ban

  4. Nah bener banget tuh mba, temenku cerita selalu tekor oli mesinnya karena gak pernah cek, kalo planet ban langganan kami untuk beli ban karena kualitas terpercaya

  5. Sama banget kak. Aku juga rajin service motor, tapi pernah mogok di jalan. Ternyata karena akinya nggak dicek oleh mekanik, padahal udah waktunya ganti. Sebagai perempuan yang kurang paham dunia motor emang kudu pilih bengkel terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *