Panduan Puasa Bagi Diabetes Agar Ramadan Extra Faedah

Assalamualaikum man teman, gimana puasanya lancar? Alhamdulillah kalau gitu.

Tahun ini ada yang berbeda dengan rutinitas puasaku. Yuph tahun ini kebetulan adalah puasa ramadhan ku perdana kali sebagai seorang ibu hamil dan seorang pasien diabetes militus type 2.

Kalau sebagai pasien diabetes rasanya aku sih bisa bisa saja berpuasa, toh selama ini sebelum hamil aku juga rajin berpuasa senin kamis. Tapi sebagai pasien diabetes yang sedang hamil. Tentu saja harus check dan richeck dulu kan. 😁

Kebetulan jadwal konsultasiku ke dokter kandungan itu masih lama. Jadi ndak bisa bertanya dahulu sebelum Ramadan tiba. Untung aku ingat zaman digital sekarang ini, selama ada kuota internet yang handal dan jaringan internet yang lancar. Informasi apapun bisa aku dapatkan dengan mudah.

Alhamdulillah akhirnya aku rajin ikut zoom webinar dan kulwap secara daring. Kebetulan kuota Internet WiFi smartfrenku dirumah aman cin.

Nah ini beberapa kesimpulan yang dapat aku rangkai untuk teman teman yang mungkin juga punya permasalahan yang sama denganku yakni ibu hamil dengan diabetes type 2 bolehkah berpuasa?

Sebelumnya aku akan membahas secara umum ya man teman. Apakah mungkin pasien diabetes melaksanakan puasa ramadan? Jawabannya menurut dokter Amanda selama syarat dan ketentuannya terpenuhi ya bisa berpuasa.

Nah berikut 1O hal yang harus diperhatikan oleh pasien diabetes sebelum memutuskan berpuasa Ramadan.

10 Hal yang harus diperhatikan oleh Diabetasi sebelum memutuskan berpuasa

Hal yang harus diperhatikan jika mau berpuasa, Siapa saja diabetesi yang tidak dianjurkan berpuasa?

1. Diabetesi yang menurut dokter kadar gula darahnya belum terkontrol stabil. Karena tidak stabil, gula darah dapat melonjak naik sewaktu-waktu (hiperglikemia) atau malah mendadak turun (hipoglikemia).

2. Diabetesi yang kurang patuh mengikuti anjuran dokter baik dalam perubahan pola makan dan mengonsumsi obat atau insulin.

3. Diabetesi yang memiliki penyakit komplikasi berat seperti penyakit jantung, darah tinggi, penyakit ginjal kronik.

4. Diabetesi yang punya riwayat komplikasi gula darah yang melonjak naik dan tidak stabil.

5. Diabetesi yang punya riwayat gula darah turun mendadak pada Ramadan sebelumnya.

6. Diabetesi yang sedang mengalami infeksi yang ditandai dengan demam dan peningkatan leukosit.

7. Diabetesi lansia yang tinggal sendiri tanpa pendampingan/pengawasan orang lain.

8. Diabetesi yang hamil dan sedang dalam terapi insulin.

9. Diabetesi anak-anak berusia di bawah 12 tahun.

10. Diabetesi tipe 1 yang sangat tergantung dengan terapi insulin.

Nah kalau 10 syarat diatas itu terpenuhi, apalagi sih yang bisa Kita lakukan agar puasa Ramadan Kita extra faedah?

Perhatikan gejala ini ya

Pasien diabetasi wajib melakukan ini sebelum berpuasa ya.

1. Lakukan pengecekan kesehatan didampingi dokter penanggung jawab.
2. Konsultasikan terkait perubahan jam minum obat
3. Pola makan sehat dan ketat serta seimbang.
4. Lakukan pengecekan gula darah mandiri minimal 1 hari sekali.

Pemeriksaan ke dokter enam atau delapan minggu sebelum berpuasa pun harus dilakukan penderita diabetes untuk penyesuaian obat, dan diberikan persiapan makanan yang dikonsumi dan harus juga cek gula darah berkala, minimal satu kali sehari.

Kalau kurang dari 70 stop puasa, dan kalau di atas 300 stop puasa. Atau bisa merasakan gejala keringet dingin berdebar pusing berlebihan pipis lebih banyak ini harus hati hati.

Namun, jika diabetesi ingin berpuasa sebaiknya segera batalkan apabila muncul beberapa tanda-tanda berikut ini:

1. Tanda-tanda gula darah turun mendadak (hipoglikemia) berupa gelisah, lemah, sangat lapar, keringat dingin dan banyak, pucat, berdebar-debar, gemetar, atau tidak sadar.

2. Tanda-tanda gula darah melonjak naik (hiperglikemia) berupa sering buat air kecil, sangat haus, kelelahan.

3. Tanda-tanda dehidrasi berupa sangat haus, kulit dan mulut terasa kering, mengantuk, atau sulit berkonsentrasi.

Bagaimana dengan ibu hamil? Kalau dari tayangan webinar yang di isi oleh Dr (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp OG (K) mengatakan sebaiknya ibu hamil dengan diabetes tidak perlu berpuasa terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan terjadi hipoglikemi yang tentu saja akan membahayakan janin. Lebih baik mengambil rukhsah dengan tidak berpuasa agar kadar gula darah stabil tidak naik tinggi dan turun terlalu rendah.

Alhamdulillah ternyata benar apa yang disampaikan oleh dr Hasto yang aku dengar dan lihat melalui webinar dengan apa yang disarankan oleh dokter obgyn ku. Untuk ibu hamil dengan diabetes memang sebaiknya tidak berpuasa terlebih dahulu.

Alhamdulillah untung aku cari informasi sebanyak banyaknya sebelum memutuskan berpuasa ya teman teman.

Nah yang penasaran dengan kuota internet yang kupakai selama ini bisa juga nih ku informasikan kepada kalian. Jadi di Cibinong tempatku tinggal. Smartfren termasuk yang paling lancar loh jaringannya. Dan selama ini kami gunakan untuk fasilitas WiFi sekeluarga di rumah.

Smartfren Ramadan Extra Faedah

Serunya lagi selama bulan Ramadhan ini Smartfren kembali menghadirkan Extra Unlimited Malam Full speed guna mendukung berbagai kegiatan kita saat sahur. Apalagi habis sahur sebaiknya kan tidak tidur lagi ya man teman. 😁

Event Smartfren Ramadhan Extra Kuota

Mau tau nggak apa saja penawaran dari Smartfren Ramadan Extra Faedah ini? Jadi selama Ramadan kita bisa menikmati paket unlimited dan kuota nonstop setiap hari mulai pukul 01.00- 05.00 WIB setiap barisnya secara gratis, dan bisa digunakan untuk internetan di semua aplikasi, dimana saja, dan kapan saja di jaringan 100% 4G LTE.

Nah selain itu ada kabar baik buat kita para konten kreator loh.

Smartfren juga mengajak pelanggan dan para konten kreator untuk semakin berfaedah dengan Ngonten Extra Faedah. Semua memiliki kesempatan memenangkan hadiah menarik setiap minggunya, seperti Sepeda Limited Edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan masih banyak lagiI.

Info lengkapnya bisa dicek melalui www.smartfren.com/extrafaedah. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuat konten berfaedah, baik dalam bentuk video maupun foto, dan mengunggahnya ke media sosial dengan mention @smartfrenworld, tag dua teman, dan cantumkan tanda pagar #RamadanExtraFaedah #UnlimitedBisaSemua.

Ciamik banget kan gaes. Aku udah pakai kuota unlimited dari Smartfren Ramadan Extra Faedah ini untuk nonton dan menyimak konten konten kesehatan dari para dokter. Biar makin banyak ilmu dan wawasan buatku dalam menjalani kehamilan dengan kondisi khusus ini. So kayaknya aku juga kepikiran buat bikin konten berfaedah dan akan aku unggah juga ke media sosial. Siapa tahu selain dapat pahala berbagi hal berfaedah. Aku juga bakal dapat hadiah keren dari Smartfren. Uhuy asyik banget.

Ada anya geraldine juga ternyata

Ya udah yuk yuk sampai disini dulu ya ceritaku. Semoga bermanfaat ya teman teman

1 Comment

  1. MasyaAllah baru emak lagi hamil, semoga sehat dan lancar semua sampai melahirkan ya
    Cemungut mamak fika🥰

Leave a Reply

Your email address will not be published.