Kurangi Emisi Udara, AQUA resmikan PLTS Atap Pabrik Sukabumi

Pernah mendengar PLTS Atap? Terus terang aku baru kali ini. Itupun setelah mengikuti peresmian PLTS Atap Pabrik Aqua Mekarsari Sukabumi beberapa hari yang lalu.

PLTS atau yang merupakan singkatan dari Pembangkit listrik Tenaga Surya. Nah PLTS Atap sendiri merupakan Pembangkit listrik yang dipasang di atas Atap.

FYI untuk perumahan atau pemakaian rumah tangga, PLTS Atap sendiri sudah ada dan bisa dipasang. Sebagai perkiraan, untuk pemakaian daya 2200 dan penggunaan listrik 1 juta Setiap bulannya. Kira Kira membutuhkan PLTS Atap berdaya 2.2 Kilo watt peak (KWP) dengan biaya pemasangan 35 juta. Gimana kamu berminat nggak?

Fungsi dari pemasangan PLTS Atap ini ya tentu saja menghasilkan energi listrik sekaligus membantu mengurangi Emisi di Udara akibat penggunaan daya listrik di bumi. So karena Kita eh Saya belum ada dana untuk pemasangan PLTS Atap. Simak dulu Aja peresmian PLTS Atap Pabrik Aqua Mekarsari Sukabumi ya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Resmikan PLTS Atap Aqua Sukabumi

Beberapa hari lalu Pak RK panggilan akrab Gubernur Jawa Barat, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap Pabrik AQUA Sukabumi melalui Zoom secara virtual. Kegiatan ini juga bertepatan dengan hari Emisi Nol Sedunia.

Emang sepenting apa sih harus mengurangi Emisi karbon? Nah FYI nih ya, Emisi karbon merupakan salah satu penyumbang pencemaran udara yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan. Emisi karbon dapat menyebabkan dampak besar seperti perubahan iklim yang tak menentu yang dapat mengakibatkan banjir, kelaparan, hingga ketidakstabilan ekonomi.

Nah dari situ udah tau dunk setiap usaha mengurangi Emisi karbon di bumi akan memberikan dampak positif terhadap kelestarian makhluk hidup di bumi. Karena Itu yang dilakukan oleh AQUA merupakan salah satu wujud kepeduliaan terhadap lingkungan.

Dan ini pun memang sejalan dengan visi misi AQUA sebagai bagian dari Danone yang Punya misi One Planet One Health.

Seperti apa sih PLTS Atap Pabrik AQUA Sukabumi? Simak penjelasan berikut ini.

Danone AQUA terdepan dalam urusan lingkungan bangun Pembangkit Listrik Atap Pabrik AQUA Sukabumi

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Pabrik Danone-AQUA di Mekarsari, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, resmi beroperasi dengan kapasitas 2.112 kWp, dan mampu menghasilkan listrik sebesar 2,3 GWh per tahun, serta mengurangi 1.916 ton CO2 per tahun.

PLTS Atap yang dipasang di pabrik terbesar Danone-Aqua di Indonesia tersebut merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung pemerintah dalam mencapai ambisi emisi nol pada tahun 2060, meningkatkan bauran energi baru terbarukan hingga 23% pada 2025, serta upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat untuk meningkatkan implementasi energi baru terbarukan hingga 6,8 GW pada 2025.

Menurut Ibu Vera Galuh Sugijanto yang merupakan Vice President General Secretary Danone AQUA. ” melalui peresmian PLTS Atap berkapasitas 2.113 KWP di Pabrik AQUA Mekarsari yang merupakan fasilitas produksi terbesar, hingga saat ini telah ada empat pabrik Danone-AQUA yang memanfaatkan PLTS Atap dengan total kapasitas terpasang mencapai 6,2 MWp”

Alhamdulillah langkah Danone AQUA ini disambut baik oleh Bapak Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil juga menambahkan dalam sambutannya mengatakan Jawa Barat sebagai Provinsi dengan populasi terbesar linier dengan tingkat konsumsi energinya. Guna mencukupi kebutuhan energi di Jawa Barat, dan meminimalisir dampak lingkungan dari produksi energi yang berasal dari fosil, Pemerintah Jawa Barat menargetkan proporsi suplai energi baru terbarukan untuk energi primer tersebut sebesar 20,1%.

Danone-AQUA merupakan pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri dalam negeri sejak tahun 2017. Upaya untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam mempercepat transisi penggunaan energi terbarukan di Indonesia ini, merupakan perwujudan komitmen Danone-AQUA untuk menjadi perusahaan dengan Emisi Nol atau Netral Karbon dalam seluruh rantai pasok perusahaan pada tahun 2050, serta penggunaan 100% energi listrik terbarukan pada tahun 2030.

Semoga kedepannya semakin banyak Pabrik Pabrik besar di Indonesia memiliki instalasi listrik sendiri. Sehingga dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan mengurangi polusi.

Dan buat yang mau coba pasang PLTS Atap untuk di rumahnya masing masing. Bisa juga dunk. Selain harga 35 Juta rupanya ada juga yang lebih murah mulai dari 10 juta rupiah.

Kalau kami ya berminat juga, semoga ada rezekinya ya. Bahama denganmu? Berminat jg kah?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.